Rabu, 12 Januari 2011

Contoh Program Sederhana

  • Contoh Program Sederhana coba1
LISTING coba1
public class coba1{
public static void main (String []args){
          int I=37;
          int J=42;
          double X=27.475;
          double Y=7.22;
          System.out.println("Variable Values");
          System.out.println("I = " + I);
          System.out.println("J = " + J);
          System.out.println("X = " + X);
          System.out.println("Y = " + Y);
          System.out.println("Subtracting");
          System.out.println("I-J = " + (I-J));
        System.out.println("X-Y = " + (X-Y));
        System.out.println("Multyplying");
        System.out.println("I-J = " + (I-J));
        System.out.println("X-Y = " + (X-Y));
        System.out.println ("Computing The Remainder");
        System.out.println("I%J = " + (I%J));
        System.out.println("X%Y = " + (X%Y));
          }
}
LOGIKA coba1
 Pertama kita memberikan nama class dengan nama coba1
Setelah itu kita masukkan jenis tipe data yang digunakan yaitu Tipe Data
String, Tanda kurung kurawal ({) ini digunakan  sebagai tanda dimulainya
pendeklarasian.
 Integer (int), dalam java digunakan untuk merujuk kepada tipe data  apapun
yang menginterpesentasikan bilangan bulat.
Double , dalam java digunakan untuk gerenuk kepada tipe data apapun
yang menginterpretasikan pecahan, desimal, dan floating.
System.out.println, statement ini digunakan untuk  mencetak atau
menapilkan  data  yang berada didalam tanda kurung ( ) dan tanda petik
diawal dan di akhir kata atau kalimat.
Subtracting, statement ini dalam java digunakan untuk menjumlahkan
suatu bilangan.
Multyplying,  statement ini dalam java digunakan untuk menurangi suatu
bilangan.

  • Contoh Program Sederhana Array2D
LISTING Array2D
class Array2D{
public static void main (String []args){
          int int2DUnequalArr [][] = new int [4][];
          int2DUnequalArr[0]=new int [1];
          int2DUnequalArr[1]=new int [2];
          int2DUnequalArr[2]=new int [3];
          int2DUnequalArr[3]=new int [4];
          int k=0;
          for (int i=0; i<4; i++){
          for (int j=0; j<i+1; j++){
          int2DUnequalArr [i][j]=k++;
                   }
                   }
          for (int i=0; i<4; i++){
          for (int j=0; j<i+1; j++){
          System.out.print(int2DUnequalArr[i][j] + "  ");
                   }
                   System.out.println ();
                   }
          }
}

LOGIKA  Array2D
Pertama kita memberikan nama class dengan nama Array2D
Kemudian memberikan tipe data string, public static void main (String [] args)
int int2DUnequalArr [][] = new int [4][]
Pendeklarasian  array dengan tipe data integer yang menggunakan Array 2 dimensi. Dengan 4 baris dan kolom yang belum ditentukan.
          Setelah itu menentukan kolom.
int k=0
          k adalah nilai        
          Pemberian nilai pada shell, nilai awal = 0
              K = nilai ; i = baris ; j = kolom
              for (int i=0; i<4; i++) {
          for (int j=0; j<i+1; j++) {
      harga awal : i=0, lalu kita cek apakah i<4 (jika benar), lalu lihat  harga awal : j=0 , setelah itu kita cek lagi apakah j<i+1 . Apabila  benar maka akan dilanjut ke perintah selanjutnya.
int2DvnequalArr [i][j] = k++
Perintah ini adalah perintah inti. Perintah ini lanjutan dari looping sebelumnya, jika semua data dan pernyataan benar maka, sistem akan lanjut ke perintah ini, harga awal i dan j = 0 berarti program akan membuat baris 0, kolom 0, nilai = 0. Setelah nilai dibaris 0, kolom 0 terisi.  Program akan melooping kembali ke atas.
Kembali ke j++, berarti harga j=1, lalu cek apakah j<i+1 (pernyataan salah) karena pernyataan salah maka program akan  mengecek kemabali harga         i. Harga awal i = 1, lalu cek i<4 (pernyataan benar), lanjut ke j = o , j<i(1) +   1 (pernyaraan benar), setelah itu program mengisi baris 1, kolom 0 dengan nilai 1. Begitu seterusnya sampai program looping mendapatkan nilai i = 3. Setelah i=3 program akan berhenti looping dan akan melanjutkan ke perintah selanjutnya, yaitu:
for (int i=0; i<4; i++) {
for (int j=0; j<i+1; j++) {
System.out.print(int.... [i][j] + “  “)
          Perintah ini untuk menampilkan output.
          + “   “ mengakibatkan output yang dihasilkan akan terdapat        spasi.
System.out.println ()
          Perintah ini akan membuat output pindah baris, menjadi  turun    ke bawah.

  • Contoh Program Sederhana Continue
LISTING CONTINUE
public class continue{
public static void main (String [] args){
for (int i=0; i<=10;i++){
System.out.print (i+" ");
if (1%2==0)
continue;
System.out.println(" ");
}
}
}

LOGIKA CONTINUE
public class continue{
          Pertama kita memberikan nama class dengan nama continue
public static void main (String []args){
          Perintah ini menggunakan Tipe Data String
for (int i=0; i<=10;i++){
          for digunakan untuk  menghitung suatu bilangan bulat/apapun  dari       bilangan integer (int). Statement ini merupakan perintah         looping/perulangan.
System.out.print (i+" ");
          untuk mencetak data/hasil i di dalam tanda kutip, nilai I di dapat dari     statement sebelumnya.

if (1%2==0)
          maksudnya adalah 1 dibagi dengan 2 yang hasilnya sama dengan 0
continue;
          Statement ini berfungsi untuk melanjutkan perintah yang terdapat          pada listing.
System.out.println(" ");
          untuk mencetak data yang berada di dalam tanda kutip.

  • Contoh Program Sederhana JOptionPane
LISTING JOptionPane
Import Javax.swing.JoptionPane;
public class Menu {
public static void main (String [] Menu){
String Nilai1=JOptonPane.showInputDialog (“Nilai : ” );                
String Nilai2=JOptonPane.showInputDialog (“Nilai : ” );
Int N1=Integer.parseInt(Niali1);
Int N2=Integer.parseInt(Nilai2);
JoptionPane.showMessageDialog (null, N1+“+”  +N2+ “=”  + (N1+N2), “Informasi”,JoptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE;
}
}

LOGIKA JOptionPane
Import Javax.swing.JoptionPane,
      perintah ini digunakan untuk  membuat kotak dialog.
public class Menu
      Nama kelas umumnya adalah Menu
public static void main (String [] Menu)
      Menggunakan Tipe Data String
String Nilai1=JOptonPane.showInputDialog (“Nilai : ” );                 Perintah ini digunakan hanya untuk membuat satu kotak dialog saja, yaitu  Nilai1. Nilainya 100, yang kita input melalui keyboard.
String Nilai2=JOptonPane.showInputDialog (“Nilai : ” );  
      Perintah ini sama seperti perintah sebelumnya. Hanya saja kita ingin kita membuat kotak dialog dengan Nilai2. Nialinya 89, yang kita        input melalui keyboard.            
Int N1=Integer.parseInt(Niali1);
Int N2=Integer.parseInt(Nilai2);
          Perintah ini digunakan untuk  menjumlahkan nilai1 dan niali2
JoptionPane.showMessageDialog (null, N1+“+”  +N2+ “=”  + (N1+N2), “Informasi”,JoptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
          null akan muncul apabila kita tidak memasukkan data                                    pada kotak dialog.
JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE;
          Untuk memunculkan kotak dialog penjumlahan N1+N2.


  •      Contoh Program Sederhana Himpunan
LISTING Himpunan
import java.io.*;
import java.io.*;
public static void main (String args[ ]) throws IOException {
int i;
BufferedReader input = newBufferedReader (new InputStreamReader(System.in));
System.out.print("Banyak Himpunan A: ");
int x = Integer.parseInt(input.readLine());
int HimpA[] = new int[x];
for (i=0; i<x; i++)
System.out.print("Himpunan A ke-"+(i+1)+":");
HimpA[i] =  Integer.parseInt(input.readLine())
System.out.print("Himpunan A { ");
for (i=0; i<x; i++)
System.out.print(HimpA[i]);
if (i<x)        
System.out.print(",");
System.out.println(" }");
}
}


LOGIKA himpunan
import java.io.*;
          Perintah ini digunakan untuk mendapatkan inputan dari pengguna,         kita harus     meng-import file java.io* , yang dimiliki oleh Java.
class himpunan {
          Nama kelas umumnya adalah himpunan.
public static void main (String args[ ]) throws IOException {
          Perintah ini menggunakan Tipe Data String dan throws I Exception     adalah methodnya.
int i;
          Perintah ini digunakan untuk mendeklarasikan bahwa variabel I    bertipe data Integer.
BufferedReader input = newBufferedReader (new InputStreamReader(System.in));
          Perintah ini digunakkan untuk meminta input dari user.  Supaya kita       dapat menggunakan Buffered Reader .
System.out.print("Banyak Himpunan A: ");
          perintah ini digunakkan untuk mencetak tulisan Banyak Himpunan       A.
int x = Integer.parseInt(input.readLine());
          Method ini akan dipanggil untuk mendapatkan inputan dari user dan      akan   mendapatkan nilai kembali yang akan disimpan sebagai nilai          dari variabel x dan dikonversikan ke tipe data integer.
int HimpA[] = new int[x];
          ini menunjukan deklarasi array dan menentukan kapasitas array    tersebut dan menunjukan bahwa array tersebut bertipe data integer.
 for (i=0; i<x; i++)
          statement ini adalah tipe looping. Nilai variabel i=0, lalu i<0 dan akan    bertamah karena i++.
System.out.print("Himpunan A ke-"+(i+1)+":");
          Perintah ini digunakan untuk mencetak Himpunan A ke- dan nilai i         yang di dapat dari perulagan diatas ditambah 1.
HimpA[i] =  Integer.parseInt(input.readLine())
          Perintah ini akan dipanggil untuk mendapatkan inputan dari user dan     akan mendapatkan nilai kembali yang akan disimpan sebagai nilai       dari HimpA dengan variabel i dan dikonversikan ke tipe data integer.
System.out.print("Himpunan A { ");
          Perintah ini digunakan untuk mencetak Himpunan A {.
for (i=0; i<x; i++)
          statement ini bertipe looping. Nilai variabel i=0, lalu i<0 dan akan          bertamah karena i++.
System.out.print(HimpA[i]);
          Perintah ini digunakkan untuk mencetak himpunan yang di input oleh user.
if (i<x)
          Perintah ini digunakan sebagai perintah kondisi.
System.out.print(",");
          Perintah ini digunakkan untuk mencetak ,
System.out.println(" }");
          Perintah ini digunakkan untuk mencetak }.


  • Contoh Program Sederhana FoG
LISTING FoG
FoG
import java.io.*;
class fungsikomp{
public static void main (String []args) throws IOException{
BufferedReader input=new BufferedReader (new InputStreamReader (System.in));   
System.out.print("Masukkan x= ");
int x=Integer.parseInt(input.readLine ());
System.out.println("f(x) = 5x^2 + 6x + 10");
System.out.println("g(x) = x + 5");
int a;
int b;
a=x+5;                 
b=(((5*a)*(5*a))+((6*a)+10));
System.out.println("f(g("+x+"))="+b);
}
}
LOGIKA FoG
import java.io.*;
          Statment ini digunakan untuk mendapatkan inputan dari pengguna,    kita harus meng-import file java.io* , yang dimiliki   oleh Java.
class fungsikomp{
          Nama kelas umumnya adalah fungsikomp
public static void main (String []args) throws IOException{
          Statment ini menggunakan Tipe Data String dan throws   IOException adalah methodnya.
BufferedReader input=new BufferedReader (new InputStreamReader (System.in));
          Statmen ini digunakkan untuk meminta input dari user. Agar kita dapat menggunakan 
BufferedReader .     
System.out.print("Masukkan x= ");
          Statmen ini digunakkan untuk mencetak atau menampilkan data Masukkan x =. Agar tampak pada tampilan output.
int x=Integer.parseInt(input.readLine ());
           Statmen ini merupakan method yang akan dipanggil untuk mendapatkan inputan dari user dan akan mendapatkan nilai kembali yang akan disimpan sebagai nilai dari variabel x dan dikonversikan ke tipe data integer.

System.out.println("f(x) = 5x^2 + 6x + 10");
          Statmen ini digunakkan untuk mencetak ata menapilkan data   f(x)=5x^2 + 6x + 10. Pada tampilan layar output.

System.out.println("g(x) = x + 5");
          Statmen ini digunakkan untuk mencetak ata menapilkan data 
          g(x)=x +5. Agar nampak pada tampilan layar output.
int a;
int b;
          Perintah ini digunakan untuk mendeklarasikan bahwa variabel a dan b bertipe data integer.
a=x+5;
          Statmen ini digunakkan untuk mencari nilai a.              
b=(((5*a)*(5*a))+((6*a)+10));
          Statmen ini merupakan rumus, dapat digunakkan apabila nilai a telah di dapat dari statmen sebelumnya.
System.out.println("f(g("+x+"))="+b);
          Untuk mencetak atau menampilkan hasil dari FoG                 

*Refrensi : Laporan Akhir Praktikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar