Minggu, 06 Oktober 2013

PENGERTIAN DAN FUNGSI BISNIS TI

Pengrtian Bisnis
     Bisnis berasal dari kata business / busy / sibuk. Sibuk mengerjakan aktifitas pekejaan yang mendtangkan kentungan. Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang & jasa dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah definisi bisnis :
  • Bisnis menurut Huat, T Chwee,1990 : sebagai suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat.
  • Bisnis menurut Griffin & Ebert : bisnis adalah suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.
  • Bisnis menurut Hughes dan Kapoor : bisnis adalah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan ada dalam industri.
  • Bisnis menurut Musselman dan Jackson : Bisnis merupakan suatu aktivitas yang memenuhi kebutuhan dan keinginan ekonomis masyarakat dan perusahaan diorganisasikan untuk terlibat dalam aktivitas tersebut.
  • Bisnis menurut Allan Afuah : Bisnis adalah sekumpulan aktivitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara menggembangkan dan mentransformasikan berbagai sumber daya menjadi barang atau jasa yang diinginkan konsumen. (2004).
Dari pendapat diatas, dapat disimpulkan bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of good and service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.
 
Beberapa aspek dalam bisnis diantaranya :
  • Kegiatan individu dan kelompok
  • Penciptaan nilai
  • Penciptaan barang dan jasa
  • Keuntungan melalui transaksi
Tujuan Bisnis
     Dalam berbisnis atau berwirausaha tentu kita mempunyai tujuan, unuk sebelumnya kita harus berusaha mengolah bahan untuk dijadikan produk yang diperlukan oleh konsumen yaitu berupa barang dan jasa. Sedangkan, tujuan dari perusahaan adalah mendapatkan laba maksimum, yakni suatu imbalan yang diperoleh oleh perusahaan dari penyediaan suatu produk bagi para konsumen.
 
Fungsi Bisnis
    Fungsi dari bisnis yaitu :
  • Acquiring Raw Materials (memperoleh bahan baku). Dalam membuat roti kita memerlukan tepung terigu untuk membuatnya, membuat lemari kita juga memerlukan kayu untuk membuatnya, dan dalam membuat buku tulis kita memerlukan dahan untuk membuatnya.
  • Manufacturing Raw Materials into products. Setelah bahan baku yang kita peroleh nanti akan diolah menjadi sebuah produk. Misalnya dalam membuat roti, tepung terigu diubah menjadi roti dengan berbagai rasa.
  • Distributing Products to Consumers. Produk yang dihasilkan lalu di distribusikan kepada konsumen.
Elemen dan Sistem Bisnis
  • Modal (Capital). Sejumlah uang yang digunakan untuk menjalankan kegiatan bisnis yaitu transaksi.
  • Bahan-bahan (Materials). Faktor produksi yang diperlukan dalam melaksanakan aktifitas bisnis untuk diolah dan menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.
  • Sumber Daya Manusia (SDM). Kualifikasi SDM, yakni memiliki kemampuan kompetitif dan berkualitas tinggi.
  • Keterampilan Manajemen (Management Skill). Sistem manajemen yang dijalankan berdasarkan prosedur dan tata kerja manajemen.
Karakteristik Sistem Bisnis
  • Kompleksitas & keanekaragaman
  • Saling ketergantungan
  • Perubahan dan inovasi
Studi Kasus :
Di P&G (Procter & Gambler) melakukan pembaruan ulang IT sesuai dengaan rencana strategis 4 tahunan denga melakukan reshape, rename, refocus dan training kepada 2500 personal IT tim. IT departemen diberi nama Information and Decision Solution (IDS). Kelompok IDS ini kemudian digabung kedalam P&G Global Business Services, sebuah organisasi yang juga merupakan wadah dari human resources, finance, strategic planning dan fungsi-fungsi relokasi. Staf IDS berfokus pada level tinggi. Tanggung jawab IDS sama dengan unit bisnis lain di P&G yaitu meningkatkan keuntungan, market share dan volume penjualan. Untuk memenuhi hal tersebut IDS berfokus pada 3 taktik kunci yakni percepatan distribusi data, inovasi dan percepatan masuknya produk di pasar serta penggunaan teknik yang mudah bagi kustomer untuk penyampaian produk dan service IT baru dalam internal P&G.
Sumber :
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar