Minggu, 06 Oktober 2013

PERKEMBANGAN BISNIS TI

PERKEMBANGAN DAN PROSPEK BISNIS DI BIDANG TI

Istilah teknologi informasi mulai populer di akhir tahun 70-an. Pada masa sebelumnya istilah teknologi informasi biasa disebut teknologi komputer atau pengolahan data elektronis (electronic data processing). Teknologi informasi didefinisikan sebagai teknologi pengolahan dan penyebaran data menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software), komputer, komunikasi, dan elektronik digital. Bentuk awal telekomunikasi berskala nasional adalah telegrap. Teknologi berbasis kabel (wire-based technology) ini menyediakan pondasi bagi perkembangan jejaring telepon, yang pada gilirannya menjangkau bagian yang lebih luas dari permukaan Bumi. Dengan penggunaan teknologi kabel lintas-lautan (transoceanic cables), berbagai wilayah yang terpisah oleh laut menjadi terhubungkan menjelang akhir 1900.
 
Perkembangan teknologi informasi telah berkembang luar biasa dari sisi :
  • perangkat keras (hardware)
  • perangkat lunak (software)
  • sumber daya manusia (human resources) yang mendayagunakannya.
Teknologi informasi dan Komunikasi dalam bisnis

Bidang Pendidikan
  • Alat bantu belajar dan test
  • Learning by doing
  • Computer based instruction
  • E-Learning
  • Virtual class
Bidang Penjualan
  • Bar codes untuk harga
  • Shipping
  •  E-commerce
Bidang Hukum
  • National Fingerprint files
  • National files on crimminal
  • Computer modelling of DNA
Bidang Tranportasi
  • Mobil,dll
  • Monitor air traffic
  • Global Positioning System (GPS)
Bidang Keuangan
  • Record keeping
  • Phone banking
  • SMS banking
  • Internet banking
  • Credit Card
  • Flazz
Jenis dan tipe bisnis di bidang TIK
a) E-Commerce
    E-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi
    bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai
    media komunikasi yang paling utama (Robert E. Johnson).

    Tipe-tipe model bisnis e-commerce :
  1. Penjualan online ( langsung tanpa melalui perantara )
  2. Sistem tender elektronik ( suatu model dimana seorang pembeli meminta kadidat penjual untuk menawarkan harga, pemenagnya adalah seorang penjual yang menawarkan harga yang paling rendah)
  3. Lelang dengan harga beli name your own price ( suatu model dimana pembeli menentukan harga yang mampu ia bayar, dan mengundang penjual yang mau menjual barang dengan harga tersebut )
  4. Affiliate marketing (suatu perjanjian dimana rekanan pemasaran (perusahaan,organisasi, perorangan) mengacu konsumen ke situs web penjual)
  5. Viral marketing (pemasaran dari mulut ke mulut dimana konsumen
    menganjurkan suatu produk atau jasa perusahaan kepada teman- temannya atau orang lain)
  6. Group purchasing (pembelian dalam skala besar yang memungkinkan
    sekelompok pembeli mendapatkan potongan harga)
  7. Lelang online
  8. Personalisasi (kustomisasi) produk atau jasa; menciptakan produk atau jasa sesuai dengan spesifikasi yang diminta pembeli
  9. Pasar elektronik (e-market) dan exchange
  10. Integrator rantai pertambahan nilai (value chain)
  11. Penyedia layanan rantai pertambahan nilai
  12. Broker informasi
  13. Pertukaran barang (barter)
  14. Keanggotaan
  15. Fasilitator rantai pasokan (supply chain)
b) Konsultan TI
    Menangani konsultasi di bidang IT, meliputi saran bisnis, menyelesaikan
    masalah teknis maupun memperbaiki struktur dan efisiensi dalam
    sistem IT. Tugas khusus yang dilakukan oleh konsultan IT meliputi :
  1. Bertemu dengan client untuk menentukan keperluan
  2. Bekerja dengan client untuk menetapkan jangkauan dari suatu proyek
  3. Merencanakan timescale dan kebutuhan sumber daya
  4. Menjelaskan spesifikasi sistem client, memahami kebiasaan kerja mereka (client) dan sifat dasar dari bisnisnya
  5. Bepergian ke tempat customer
  6. Berhubungan dengan staff pada semua tingkat dari organisasi client
  7. Menetapkan software, hardware dan kebutuhan jaringan
  8. Menganalisa kebutuhan IT dalam perusahaan dan memberikan nasehat yang independen dan objektif dalam penggunaan IT
  9. Men-develop solusi yang cocok dan mengimplementasikan sistem baru
  10. Memberikan solusi dalam laporan tertulis ataupun lisan
  11. Membantu client pada aktivitas perubahan manajemen
  12. Membeli sistem jika cocok
  13. Merancang, menguji, memasang dan memonitoring sistem baru
  14. Menyiapkan dokumentasi dan memberikan laporan proses pada customer
  15. Mengatur pelatihan untuk user dan konsultan lain
  16. Mengenali potential client, membangun dan memelihara hubungan
 c) Software House

Yaitu seorang atau sekelompok orang atau perusahaan kecil yangbergerak dibidang jasa pembuatan atau perbaikan perangkat lunak (software). Software house biasanya menerima pembuatan atau perbaikan software, database, website, program accounting lengkap, termasuk inventory management, purchasing/ selling products and services, Account based dan support online system, IntelliGuard-EYE:
  • program security kamera ( cctv/ webcam) dengan kemampuan mendeteksi gerakan sehingga dapat memaksimalkan kapasitas hardware yang tersedia jaringan & SEO (search engine optimization),
  • serta bisa untuk semua jenis usaha (Perusahaan,tokoh, kasir, hotel, restaurant, maupun personal).
Menurut saya Bisnis Informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang (organisasi) yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi.
Bisnis informatika berkembang dengan pesat akhir – akhir ini seiring dengan berkembang pesatnya pula teknologi informasi. Karena Bisnis Informatika muncul karena adanya peluang yang terdapat di dalam suatu teknologi informasi.
Jawaban salah satunya Internet. Tidak dapat di pungkiri sekarang internet sudah mengalami pergeseran kebutuhan di dalam masyarakat. Yang dahulu Internet merupakan suatu kebutuhan pelengkap atau masih merupakan kebutuhan yang “mewah” bagi sebagian masyarakat, sekarang menjadi suatu kebutuhan sekunder ataupun kebutuhan primer. Karena sekarang kita dapat semakin mudah dan murah untuk mendapatkan akses internet. Hal ini tidak lepas dari semakin berkembangnya teknologi informasi.
Menurut saya semua kegiatan yang melakukan transaksi jual – beli yang ada kaitannya dengan teknologi informasi masuk kedalam bisnis informatika.

Studi kasus :
sekarang sudah banyak masyarakat yang melakukan transaksi jual – beli secara online. Jadi kita tidak perlu repot-repot untuk jalan ke mall, ataupun toko – toko untuk mencari barang yang kita inginkan. Cukup dengan modal laptop/pc dan internet, kita bisa mencari semua barang yang diinginkan.
Banyak sekali web – web penyedia jual – barang secara online. Contoh E-Bay dan di dalam negri ada KASKUS. Saya pernah melihat acara tv yang sedang membahas bisnis online. Dijelaskan bahwa di KASKUS setiap harinya minimal terjadi 5 ribu(kalau tidak salah) transaksi jual – beli. Dimana kisaran transaksi terendah di rata- rata sebesar 30 ribu. Nah sekarang tinggal dikalikan saja 30 ribu x 5 ribu. Mencengangkan bukan. Betapa banyaknya perputaran uang yang ada di dalam bisnis informatika ini. Itu baru di dalam media internet, belum lagi kita lihat perkembangan warnet di indonesia. Kalau pemerintah mau serius, kita bisa mendapatkan hasil yang sangat banyak di dalam Bisnis Informatika ini.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar